Monday, October 6, 2014

Mengajarkan Kepada Anak Kalimat Tauhid




Nabi pernah bersabda :” ajarkanlah kepada anak-anak kalian pada permulaan bicaranya ucapan la ilaha illa Allah dan ajarkan pula agar diakhir hayatnya mengucapkan la ilaha illa Allah “
(baihaqi dalam syu’abul iman juz 4 hadist no 8649. Menurut penelitian matan hadist ini ghorib . dia tidak menulisnya, kecuali dalam isnad ini.)
Kalimat tauhid mengandung fadhilah yang bbesar  salah satunya pintu masuk agama islam, pintu masuk surga, kalimat para nabi dan rosul. Alangkah ruginya jika putra-putri kita tidak mengetahuinya dan lebih mengenal kalimat yang lain sebelum ini.
Maka dari itu ayah bunda kenalkan putra putri kita dengan kalimat ini. Lebih bagus lagi jika kita memberikan pengertian kepada putra putri kita tentang Allah.
1.       Allah  tuhan pencipta manusia dan alam semesta, pencipta bintang bulan, matahari pepohonan,alangkah lebih baik lagi sesekali bangunkan putra-putri kita yang sudah cukup dewasa untuk sholat malam bersama kita. Kita tunjukan bulan bintang dengan bermuhasabah betapa agung dan besarnya Allah tuhan yang menciptakan kita
2.       Allah diatas langit cukup itu saja bunda. Dilangit yang keberapa umi  diatas langit tak perlu membayangkan karena bayangan kita tak mampu menyampainya anakku. Dimana istananya Allah istana Allah tidak sama dengan istana manusia. Dia zat yang tidak menyerupai manusia. Tak perlu membayangkan dan menggambarkan apa-apa yang Allah tak memberi penjelasan. Cukup Allah diatas langit.
3.       Allah tidak beranak tidak beribu. Allah tuhan yang Esa tidak ada tandinagnnya dia maha sempurna.dia awal dan akhir dari segala sesuatu.
4.       Kenalkan pula Allah memiliki Asmaul khusna nama-nama Allah yang indah. Berdoalahdengan kalimat itu.
Dengan membekali akidah yang benar anak kita akan tumbuh menjadi generasi yang beriman, pembrani karena Allah bersamanya putra-putri kita akan tenang bersamanya. Semoga kita bisa menjadi orang tua yang baik untuk putra-putri kita amin.

No comments:

Post a Comment