Saturday, September 27, 2014

Keluarga Sakinah



Seringkali kita mendengar kalimat, “Semoga menjadi keluarga sakinah, mawadah dan rahmah” ketika menghadiri upacara pernikahan kerabat. Perlu kita ketahui yang dimaksud dengan sakinah mawadah dan rahmah (samara) itu.
Sakinah artinya adalah ketenangan, ketentraman hati. Dalam mengarungi maghligai keluarga, terkadang mengalami cobaan dan ujian. Namun juga terkadang dikaruniai kesenangan dan kesuksesan. Dalam suka dan duka tersebut suami istri merasakan ketentraman dan kedamaian saat berdekatan. Ketika suami sedang dilanda ujian dalam pekerjaannya, ia mendapat senyum penuh kasih dari istrinya. Betapa nikmatnya. Sudah sepantasnya seorang suami mensyukuri nikmat istri yang menenangkan tersebut. Sebagaimana ungkapan, kunci kebahagiaan seorang suami adalah istri shalihah yang bila dipandang membuat suami semakin sayang, jika ditinggal pergi terasa aman, karena ia menjada anak dan harta suami.
Bagaimana dengan mawadah? Mawadah berarti ketulusan. Dalam pernikahan diperlukan ketulusan diantara suami dan istri. Ketulusan untuk saling menerima keadaan masing-masing pasangan beserta kekurangannya. Ketulusan untuk menerima pemberian dari pasangan kita. Ketulusan untuk memberikan hak pasangan kita. Ketulusan untuk memaafkan kesalahan pasangan kita. Ketulusan untuk mempercayai pasangan kita. Ketulusan untuk mencintai pasangan kita.
Rahmah berarti kasih sayang. Kebahagiaan akan terasa diantara pasangan yang saling memberikan kasih sayang. Mereka yang memberikan sepenuh perasaanya kepada pasangannya. Suami merasa tenteram di pangkuan istri. Sementara istri merasa tenteram di dekapan hangat dada suami dan usapan penuh kasihnya.
Tanpa adanya sakinah, mawadah dan rahmah, akan sulit sebuah keluarga mencapai tingkatan berkah, barakah dan penuh keberkahan sebagaimana yang dituntunkan Rasulullah saw ketika mendoakan kedua pengantin. Kita disunnahkan untuk memberikan doa “Semoga Allah SWT memberkahi kalian berdua dan melimpahkan berkah kepada kalian”.
Dengan mendoakan barakah, artinya juga mendoakan sakinah, mawadah dan rahmah kepada kedua mempelai tersebut. Artinya, anda juga mendoakan pengantin tersebut mendapatkan keturunan yang barakah. Pernikahan barakah berarti barakah untuk pengantinnya, barakah terasakan oleh orang-orang di sekitarnya.
Kita dilarang untuk mendoakan sepasang pengantin dengan “Semoga bahagia dan banyak anak”. Tetapi kita dianjurkan untuk memberikan doa “Semoga Allah SWT memberkahi kalian berdua dan melimpahkan berkah kepada kalian”.
Akhirnya semoga pernikahan kita barakah dan dikaruniai keberkahan. Aamiin.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment